Sabtu, 11 Februari 2012

begitu tersiksanya jadi bikers di jakarta


Di Jakarta,main sepeda,khususnya fixie udah jadi hal umum.Bahkan kalo minggu2 elo sepedaan,para pesepeda fixie itu terlihat bejibun sehingga nampak seperti pasukan perang.Reaksi gue : Seriously?You think you're cool?Its not cool at all!




Pertama,fixie engga punya rem.Gw pernah liat orang naik sepeda fixie ditengah kemacetan.Awalnya gw kira tu orang pembalap soalnya cepet banget nyelap nyelip(gue curiga doi pake G-string,soalnya jago banget nyelip).Tapi tiba-tiba motor didepannya ngerem.Karena engga bisa ngerem,akhirnya orang itu jumpalitan nabrak motor didepannya.Alhasil gue bilang,"Terlalluuu".

Dua.Fixie terlalu banyak jumlahnya.Gue tanya deh,kalo elo punya suatu barang,apa elo mau barang yang lo punya keliatan pasaran?Engga kan?Lo pasti pengen punya barang yang exclusive,seolah-olah barangnya diciptakan khusus buat elo.Misalnya elo punya bb.High tech sih,tapi lo jalan2 semua pada pegang bb juga.Apa elo engga merasa pasaran?Sepeda pasaran.Nama lo pasaran.Muka lo pasaran.Lo mau sepedaan apa mau ke pasar sih??(gue bingung)

Tiga,fixie tidak nyata.Elo tau engga apa arti fiksi di kamus "besar" bahasa Indonesia?(makanya kalo ke perpus cari yang kamusnya paling gede,jangan yang kecil)Fiksi tuh sesuatu yang engga nyata.Kalo bahasa Indonesia lo jelek di sekolah,gue percaya kenapa elo naik fixie.Makanya gw suka bingung kalo gw liat orang naik fixie.Gw ngeliatnya orang melayang bray.Gimana ya?Susah sih bahasa Indonesia gue 9.(mata lo katarak apa otak lo soak sih?)

Anyway terlepas dari ketidaksukaan gue yang amat sangat terlalu naujubilah minzalik ,seperti yang gue bilang di awal tadi.Sebagai pesepeda kita tersiksa di Jakarta,betul?Kenapa?Nih coba elo pikir ya.Gw pernah minggu pagi sok-sok sepedaan.Gaya udah asik.Jaket,kaos oblong,celana basket,sepatu lari,dan gw pake headset.Secara gaya,gue engga bakalan ditangkep fashion police,karena gaya gue udah elegan dan cool bangets.

Alhasil gue jalan dengan pede.Kalo ada cewe ngeliatin,gw sok" engga liat,padahal pas dia udah dibelakang,gw noleh lagi,sampe" masuk got.(sok jual mahal sih.)Di earphone,lagunya mengalun dengan indah "naik-naik ke puncak gunung".

lagunya : "naik- naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali..."
keadaan gw saat itu :  gw lagi jalan di tanjakan.Sekuat tenaga gw kayuh.

lagunya : "kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara.."
keadaaan gw saat itu : Gw noleh kiri ada kali ciliwung warnanya coklat.Gw noleh kanan ada sampah bertumpukan,gw noleh depan,eh nabrak tiang listrik gw.Semprul!

The point is : Jakarta engga punya pemandangan yang asri.

Thats what i mean.Sejauh mata memandang,hanya ada gedung tinggi dan sampah yang berterbangan atau segerombolan motor yang udah engga sabar mau nerobos traffic light seolah-olah mereka mau berperang.Dan pemandangan akan lebih parah saat hujan which is sangat semrawut dan lebih kacau daripada kota Yogyakarta yang habis dilanda gempa.

Kalo udah ujan,jalan-jalan jadi becek,pengemudi sepeda motor berteduh dibawah jembatan,dan kemacetan yang menjadi-jadi akan tampak lebih menyiksa daripada sebelumnya.

Yup,diluar negeri mah mau ujan badai,mau panas terik,pemandangan tetep aja asri jadi orang betah jalan kaki di trotoar.Nah di Jakarta?Gw mau jalan di trotoar aja mesti liat bawah.Klo meleng sedikit gw kesandung.Kalo engga,ada aja motor yang iseng-iseng jalan di trotoar,ato bahkan pedagang kaki lima yang berjualan.Gw jalan aja susah,apalagi naik sepeda?

Dan masalah sampah juga salah satu big issue yang sepertinya engga bakalan pernah musnah dari kota ini.Kenapa?Sekarang mari kita telaah kiasan "Buang sampah pada tempatnya."

Sekarang contohnya gw beli siomay.Di pinggir jalan.Udah abis nih.Gw mau buang.Pertanyaannya dimanakah gw harus buang sampah?

Itu adalah pertanyaan mudah,nenek-nenek hepatitis juga tau gw harus buang di tong sampah.Tapi masalahnya adalah : Dimanakah tong sampahnya?

Benar sekali.Gimana caranya kita buang sampah pada tempatnya,sementara tempat buang sampahnya aja engga ada?Jadi ya gue maklum aja klo orang-orang rata-rata langsung lempar aja sampahnya tanpa peduli kemana sampah itu nanti berakhir.Ya orang tempat buangnya aja engga ada.Iya kan?

Udah gitu peratiin deh lo pernah engga,jalan kaki tanpa menghirup sedikit pun asap.Entah itu asap rokok,asap knalpot bajaj,knalpot motor,ato kopaja dan kawan-kawan yang bikin geram.Kalo sepedaan bukannya sehat,bronkhitis iya lo.(iyalah,ngirup asep mulu)

Coba lo liat deh,para perokok di Jakarta tu orangnya sangat tidak tahu diri.Kadang gw naik angkot,ada orang dengan gagahnya ngerokok,bikin seisi angkot bau rokok.Maksud gw ya lo ngerokok boleh,tapi ya tau tempatnya lah.Hallooo.Ini emang kota nenek lo apa?Ngerokok sembarangan banget.Mau mati kok ngajak-ngajak sih?

Gw bingung,kenapa di Jakarta banyak banget asap bertebaran.Lo tau engga sih,klo gw naik sepeda keliling komplek rumah,klo ada bajaj di depan,gw bakalan langsung salip.Bodoamat,mau kaki pegel.Yang penting filosofi gue cuman satu : "Berada di belakang bajaj lebih hina daripada hal apapun yang hina di dunia ini.Lebih baik gw mati terhormat daripada harus dipantatin bajaj."


Lo tau engga sih,apa itu asap?Asap tuh indikasi suatu masalah.Contohnya kalo lo masak,trus ada asep ngepul.Masalah kan?Berarti masakan gosong.Kalo lo liat rumah berasep,berarti rumah lo kebakar.

Nah kalo elo liat ada motor sok ide pake knalpot yang berisik trus berasep berarti apa?Ganti tu motor udah soak babi!Emang pake knalpot brisik keren?Seandainya tu knalpot bisa ngomong,doi udah nangis-nangis.Tapi tangisannya dalam bentuk asep,bukan dalam bentuk air mata.


Udah gitu lo tau engga sih di Jakarta ada berapa orang jenius yang suka bakar sampah?Sori banget tapi gue harus bilang kalo orang yang bakar sampah = Super Duper Mega Giga Tera Teridiot Sepanjang Masa Seluruh Dunia.

Lo tau engga sih,bakar sampah kertas nantinya bakalan jadi abu?Tau engga klo elo bakar sampah plastik nantinya akan meleleh dan campuran kimianya akan meracuni tanah?Lo tau engga bakar sampah tu asepnya bau banget,bikin polusi satu RT?Lo tau engga fungsi otak lo tu buat mikir??

Kalo elo punya otak mestinya elo mikir bray,lo bakar sampah mau apapun sampahnya nantinya malah akan jadi bentuk sampah baru,bukannya "MEMUSNAHKAN SAMPAH DARI MUKA BUMI".Tau engga sih sampah plastik engga bisa terurai sampai minimal "LIMA"abad?Jadi kalo elo belom tau,baca post ini baik-baik dan JANGAN PERNAH LAGI COBA BAKAR SAMPAH GUE GEDEK!!!

Lo boleh bakar sampah kalo elo kerja di TPA,ato di pembangkit listrik tenaga sampah,ato di pabrik daur ulang.Tapi jangan lakukan hal itu di rumah,atau elo akan jadi orang teridiot sepanjang masa.

Anyway,balik lagi ke awal.Setelah melihat beberapa masalah di Jakarta,elo tau kan kenapa jadi pesepeda bukan perkara mudah di kota yang semrawut ini?Menurut lo masih pantes engga sih Jakarta jadi ibukota Indonesia,kalo semua orang di dalamnya bertingkah tanpa peraturan dan sesukanya sendiri?So lets grown up people!Lo mau ngatur kota apa diatur di kota ini?Tapi sejujurnya kalo elo mau ngatur,jadi gubernur aja lo dulu,baru atur kota.

1 komentar:

  1. di kompleks rumah gw, banyak orang bego yang bakar sampah tengah malem. sumpah, kalo gw diamanahkan untuk menjaga kedamaian muka bumi khususnya daerah gw tinggal, gw musnahin tuh orang yg hobi bakar sampah.

    BalasHapus